Wakaf Tunai

tanah wakaf yayasan panji nusantaraPROPOSAL

WAKAF TUNAI  PROGRAM PEMBEBASAN LAHAN 

UNTUK PEMBANGUNAN ASRAMA YATIM DAN  SARANA PENDIDIKAN

 

  1. Pengertian Wakaf

Waqaf adalah menahan suatu benda yang kekal abadi secara fisik zatnya serta dapat digunakan untuk sesuatu yang benar dan bermanfaat. Contoh wakaf yaitu seperti mewakafkan sebidang tanah untuk dijadikan lahan makam penduduk setempat, wakaf bangunan untuk dijadikan masjid atau bangunan untuk sarana ibadah, dan lain-lain.

Secara umum Wakaf disebut juga dengan Shodaqoh Jariyah, yakni suatu bentuk shodaqoh yang amal pahalanya terus mengalir sepanjang masa walaupun orang yang bershodaqoh sudah meninggal, sebagaimana hadits di bawah ini

  1. An-Nahl : 96

 

 16:96

“apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal.

“Ketika anak Adam meninggal dunia maka terputuslah amal perbuatanya, kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakanya.”

B.   Rukun Wakaf 

  1. Wakif ( orang yang mewakafkan)
  2. Maukuf ( barang yang diwakafkan)
  3. Maukuf ‘alaih ( orang atau badan hukum yang menerima harta wakaf)
  4. Shighat ( segala ucapan, tulisan atau syariat dari orang yang berakad untuk menyatakan kehendak dan menjelaskan apa yang diinginkanya.

C.  Persyaratan / Syarat-Syarat Wakaf 

1.  Mewakafkan untuk selamanya tak terbatas waktu.
2. Jelas siapa yang mewakafkan dan kepada siapa diwakafkan.
3.  Dibayar secara tunai / cash.maupun transfer via bank

           2. Program Wakaf  Tunai Panji Nusantara

Wakaf Tunai adalah program wakaf/shodaqoh jariah dalam bentuk uang tunai yang selanjutnya akan digunakan oleh penerima wakaf   untuk  diwujudkan dalam bentuk pembelian lahan untuk pembangunan asrama yatim dan sarana pendidikan.tanah wakaf yayasan panji nusantara

Wakaf Tunai Panji Nusantara adalah program wakaf tunai yang diselenggarakan Yayasan Panji Nusantara, untuk membebaskan tanah/lahan yang akan digunakan untuk pembangunan asrama yatim dan sarana pendidikan serta sarana kegiatan sosial lainya di yayasan, Sehingga anak yatim bainaan yayasan bisa hidup layak dan mendapatkan ilmu pengetahuan yang cukup.

Adapun lokasi lahan yang  akan dibebaskan berada di Desa Sukahati , Kecamatan Jonggol Jawa Barat, dengan luas lahan yang akan dibebaskan 2,6 Ha melalui tiga tahap:

  • Tahap ke I dibebaskan 1.000 M2 sampai dengan Bulan Maret 2016 ( telah dibebaskan)
  • Tahap Ke II dibebaskan 5.000M2  sampai dengan bulan Desember 2017
  • Tahap ke IV dibebaskan 20.000M2 sampai bulan Desember 2018

Kami Pengurus Yayasan Panji Nusantara  berniat dengan sungguh – sungguh untuk bisa membebaskan  lahan seluas 2,6 Ha tersebut tentunya kami mengajak para dermawan untuk ikut serta berpartisipasi dalam program tersebut. dan tujuan kami  adalah sebagai upaya meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan berkontribusi langsung dalam mempersiapkan generasi yang beriman, bertaqwa, dan memahami  serta mampu bersaing dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Sasaran generasi dimaksud khususnya bagi anak yatim binaan yayasan dan masyarakat serta sivitas keluarga besar Yayasan Panji Nusantara pada umumnya.

Berwakaf tidak usah menunggu kaya, mempunyai sebidang tanah atau bangunan dan lain-lain. Hanya dengan  Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah), anda sudah bisa menjadi WAKIF (orang yang berwakaf) dan mendapatkan Sertifikat Wakaf Tunai.

        3. Konfirmasi Donasi dan jemput donasi

Untuk program wakaf tunai pembebasan lahan dan bangunan untuk kantor sekretariat yayasan dan tempat kegiatan yayasan informasi dan konfirmasi donasi bisa mengubungi:

  • Kantor sekretariat Yayasan Panji Nusantara  : Jl.Raya Inpres No.50 RT 05 RW 02 Kel Tengah Kec. Kramatjati Jakarta Timur, Telepon : 021-8094342
  • Pengurus Yayasan :  Sugiarto, S.Pd.I /ketua 1( 081213199395 ) , Karsin, S.Pd.I / Sekretaris Umum ( 08789064487)
  • Email Yayasan : yayasanpanjinusantara@gmail.com, ypn_kj@ymail.com
  • Website: www.yayasanpanjinusantara.org

        4. Rekening Wakaf Tunai Yayasan Panji Nusantara

BANK BNI : 03899 60922 Nama Yayasan Panji Nusantara

  5.  Penutup

Demikian proposal ini kami ajukan,atas perhatian dan partisipasinya kami ucapkan terima kasih. Semoga Allah mambalas segala amal ibadah kita dengan balasan yang lebih baik ,Amin.

 Jakarta, Januari  2017

Yayasan Panji Nusantara

              TTD

Hendra Suwardi , S.Pd.I. M.Si

         Ketua Umum

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019: Yayasan Sosial | Anak Yatim | Lembaga Sosial di Jakarta Timur | KABBO Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress