Pondok Tahfidz Nusantara

pesantren kilat Ramadhan

Bermula dari keinginan Ibu Pembina Yayasan Panji Nusantara Ustazah Kayunah Khoerudin yang ingin anak –anak yatim binaan yayasan menguasai dan menghafal Al Qur’an juga dari keinginan para donatur yayasan , maka berdirilah “Pondok Tahfidz  Nusantara

“ Sebaik-baik diantara kamu adalah orang yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya” (H.R. Muslim)

Pondok Tahfidz merupakan rumah untuk menghafal Al Qur’an. Selain itu terdapat pula Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Al Qur’an dan nantinya mengajarkan pula tentang kemandirian dan leadership.

Menggunakan fasilitas yang ada di Yayasan Panji Nusantara berupa Aula yang nyaman, ber AC, luas ruangan 60 M2 ,meja belajar dan karpet/permadani. Beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mendirikan Pondok Tahfidz sebagai berikut:

1.Tempat
Tempat disini merupakan tempat yang akan digunakan oleh anak-anak untuk menghafal Al Qur’an. Tempat sudah ada di Aula Yatim Yayasan Panji Nusantara.

2.Tenaga Pengajar
Mencari tenaga pengajar Pondok tahfidz  terutama tenaga pengajar yang hafidz/hafidzah, diutamakan juga bisa bekerjasama dengan lembaga serupa di wilayah yang berdekatan

3.Pendanaan
Terkait pendanaan, hal ini bisa digali dari berbagai sumber. Salah satunya donator. Namun bisa juga melibatkan masyarakat sekitar Pondok  tahfidz sebagai sumber pendanaan. Selain itu pendanaan dapat juga melalui pengembangan usaha mandiri, dimana hasilnya dapat digunakan untuk keberlangsungan Pondok tahfidz.

4.Santri
Ini merupakan komponen penting setelah 3 komponen sebelumnya. Tanpa santri, Pondok tahfidz tak akan terwujud. Untuk  permulaan dapat menerapkan sistem jemput bola,menjmput santri dari rumahnya meliputi anak-anak yatim binaan ,anak-anak lingkungan sekitar yayasan.

Untuk pembiayaan  seluruh santri tidak dikenakan biaya,kedepan kami akan memberikan kesempatan untuk saudara saudara muslim yang ingin juga terlibat untuk menjadi donatur tetap. Semoga Pondok  Tahfidz ini bisa berkembang dan mendapatkan bibit unggul, calon Ustad dan ustadzah yang hafal Qur’an, calon Dokter yang hafal Qur’an , calon Polisi yang hafal Qur’an , Calon tentara yang hafal Qur’an, Calon pengusaha yang hafal Qur’an.

Barakallah.

Yayasan Panji Nusantara

 

Ruhaedi

(Ketua Umum)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019: Yayasan Sosial | Anak Yatim | Lembaga Sosial di Jakarta Timur | KABBO Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress