Sedekah Barang Bekas Berkualitas

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Sholawat dan salam semoga selalu dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Bersama ini kami Yayasan Panji Nusantara mengajak Bapak/Ibu/Sdr/i untuk berpartisipasi dalam Program Sedekah Barang Bekas Berkualitas , barang-barang bekas  yang masih bermanfaat dan masih memilik nilai jual.

Melalui Program ini, kami menerima dan menampung sedekah dan hibah barang-barang seperti : Kendaraan (motor, mobil dan sepeda), furniture, peralatan elektronik dan elektrik, peralatan kantor, peralatan rumah tangga, peralatan dapur, barang logam, dan barang-barang lainya yang memiliki nilai ekonomi.

Selanjutnya setelah barang hibah kami terima, selanjutnya kami perbaiki (service) jika ada yang rusak, selanjutnya kami jual kembali di Unit Usaha Yayasan Panji Nusantara, kemudian hasil penjualanya dialokasikan untuk membantu pembiayaan kegiatan sosial di yayasan kami.

Demikian pengajuan ini kami sampaikan, akan menjadi kebahagiaan bagi kami apabila Bapak/Ibu/Sdr/i berkenan berpartisipasi dalam program ini,  .Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

  Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Mengetahui,

 

Ruhaedi                                                                                   Suparman,S.Pd.I

Ketua Umum                                                                         Ketua Divisi Ekonomi

 

 PROPOSAL SEDEKAH BARANG BEKAS BERKUALITAS

   1. Latar belakang

Bila kita menyimak istilah barang bekas, sebagian dari kita menganggap bahwa barang bekas akan identik dengan barang yang sudah tidak terpakai atau sudah tidak berguna lagi. Ada pula sebagian masyarakat yang sukses justru karena menjalankan usahanya dari bahan barang barang bekas. kemudian ada pula yang mengolah lagi menjadi bernilai ekonomis sehingga mampu menghasilkan nilai tambah, dan masih banyak lagi hal –hal yang berkaitan dengan sampah.

Melihat kondisi masyarakat kita yang demikian, maka kami Yayasan Panji Nusantara sebagailembaga sosial tergerak untuk ikut peduli terhadap lingkungan dengan mendirikan Usahapengumpulan barang-barang bekas berkualitas yang nantinya diharapkan bisa dimanfaatkan sehingga bisa menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi. Kemudian hasilnya bisa dirasakan oleh masyarak dan lingkungan sekitar yayasan sesuai sengan visi  yayasan panji nusantara yaitu “Menjadi Yayasan Yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan”.

 2.  Maksud dan tujuan

Bahwa kegiatan pengumpulan barang-barang bekas berkualitas tentunya bisa membantu program pemerintah tentang lingkungan yang berkenaan dengan sampah, artinya barang bekas tidak berarti menjadi sampah namun bisa bermanfaat untuk sebagian masyarakat yang membutuhkan dan juga bisa diolah didaur ulang sehingga menghasilkan nilai tambah secara ekonomis. Kami Yayasan Panji Nusantara sebagai lembaga sosial berkeinginan mengetuk para dermawan untuk menghibahkan atau mendonasikan barang-barang bekas yang dimilikinya.

Langkah selanjutnya  kemudian kami tampung untuk kumpulkan , disortir mana yang masih bisa bermanfaat kami salurkan kepada yang membutuhkan, adapun yang sudah tidak bermanfat dan layak pakai kami kirim ke pengepul barang rongsokan . Dana hasil dari barang rongsokan bisa masuk kas yayasan untuk dipergunakan bagi kegiatan sosial.

Adapun tujuan kami mengadakan gerakan ini adalah untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan berbagi terhadap sesama tidak berarti harus berwujud menyumbang dana atau uang tetapi bisa berwujud barang barang yang sudah tidak terpakai tetapi masih layak digunakan orang lain atau orang yang membutuhkan.

Kami menyadari , masih banyak hal yang bisa yang bisa kami lakukan untuk membantu terhadap yang membutuhkan yaitu warga binaan kami 100 anak yatim dan 40 dhuafa. Dengan cara inilah sekaligus kami membantu program pemerintah membantu PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial)

 3.   Lingkup Kegiatan 

Ruang lingkup daripada kegiatan ini adalah ikut membantu Program Pemerintah melalui program pemberdayaan kaum dhuafa disekitar yayasan, harapan kami  bisa menjangkau seluruh masyarakat yang ada di wilayah kami bahkan sampai seluruh nusantara

Kami berusaha dengan gerakan sedekah ini bisa menjembatani para donator yang ingin berbagi kepada anak-anak yatim maupun dhuafa binaan yayasan tidak hanya berwujud dana tetapi bisa juga berwujud barang- barang bekas layak pakai yang masih bisa bermanfaat utuk mereka yang membutuhkan . Dukungan dari para donator dan masyarakat sekitar yayasan serta instansi terkait tentunya menjadi modal berharga bagi kami untuk terus maju.

4.  Hasil Yang Diharapkan

Program Gerakan Sedekah Barang Bekas Berkualitas ini kami mengharapkan hasil yang ingin dicapai antara lain:

  1. Terbentuknya budaya peduli dan berbagi untuk masyarakat yang membutuhkan
  2. Terwujudnya nilai kesadaran pada masyarakat tentang manfaat barang bekas bisa menjadi nilai tambah .
  3. Program pemberdayaan anak yatim dan dhuafa binaan yayasan bisa terus berjalan seiring hasil daripada sedekah barang bekas ini bisa mempunyai nilai ekonomis.
  4. Merubah budaya dan kesadaran masyarakat bahwa barang bekas tidak identik dengan sampah, bahkan bisa menjadi lading amal sodaqoh para donatur.

       5. Tempat dan waktu pelaksanan kegiatan

Gerakan Sedekah Barang Bekas Berkualitas kami fokuskan tahap awal di Sekretariat Yayasan Panji Nusantara ,Jl.Raya inpres No.50 RT 05/RW 02 Kelurahan Tengah Kecamatan Kramatjati Jakarta Timur,

Adapun tahap selanjutnya kami berencana menyiapkan lahan khusus untuk tempat pengumpulan dan sortir atas barang barang-barang sedekah dari para donator tersbut. Gerakan ini direncanakan mulai dilaksanakan bulan April 2015 sampai dengan bulan April 2020 selama 5 tahun.  Evaluasi program tersebut akan kami lakukan tiap bulannya sehingga hasil perkembanganya diharapkan akan lebih maksimal.

6. Konfirmasi Donasi

Untuk program ini kami siap menjemput donasi dari para donatur untuk wilayah Jabodetabek. Adapun konfirmasi Program Sedekah Barang Bekas Berkualitas :

  1. Sugiarto ( Ketua Pelaksana Program Sedekah Barbeku ) Tlp.081213199395
  2. Kantor Sekretariat Tlp.021-8094342
  3. Hendra Suwardi( Ketua Umum ) Tlp.081386821237

  7.  Penutup

Demikian proposal ini kami ajukan,atas perhatian dan partisipasinya kami ucapkan terima kasih.Semoga Allah mambalas segala amal ibadah kita dengan balasan yang lebih baik ,Amin.

Jakarta,   Februari  2015

Hormat Kami,

 

Hendra Suwardi

  ( Ketua Umum )

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019: Yayasan Sosial | Anak Yatim | Lembaga Sosial di Jakarta Timur | KABBO Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress