PESANTREN KILAT RAMADHAN YAYASAN ANAK YATIM

pesantren kilat Ramadhan

Pesantren Kilat Ramadhan Anak Yatim, pesantren kilat merupakan kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter Islami. Melalui kegiatan pesantren kilat pula dapat membina akhlakul karimah generasi muda. Salah satu program Yayasan Panji Nusantara (YPN) di bulan Ramadhan 1436 ini pesantren kilat. Kegiatan yang kami beri nama Pesantren Kilat Ramadhan Anak Yatim ini dilaksanakan dalam satu pekan.

Kegiatan pesantren kilat harus dilakukan sejak dini dan akan terus digelorakan secara berkelanjutan karena menjadi suatu langkah pendidikan yang strategis bagi generasi Islam. Pesantren kilat dianggap sebagai suatu investasi di dunia maupun di akhirat bagi santri, orang tua maupun guru. Pesantren Kilat Ramadhan Anak Yatim ini hanya diikuti oleh anak yatim binaan YPN.

Bagi santri, melalui kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan Anak Yatim maka santri akan dituntut belajar sejak dini mempelajari Agama Islam. Bagi orang tua, maka akan membantu mereka dalam mendidik anaknya karakter yang islami. Bagi ustadz, melalui kegiatan pesantren kilat maka akan menjadi suatu kerja sosial (ibadah) yang akan mendapatkan balasan pahala dari Allah azza wa jalla.

Pesantren Kilat Ramadhan Anak Yatim dilaksanakan pada tanggal 22-27 Juni 2015 bertempat di Aula Yatim Yayasan Panji Nusantara. Ustadz dan ustadzah yang membimbing pesantren kilat sebagian besar dari keluarga besar dan civitas YPN. Dari 100 binaan anak yatim, hanya anak usia TK dan sekolah dasar.

pesantren kilat Ramadhan

Pesantren Kilat Ramadhan Penuh Berkah dan Manfaat

“Pesantren Kilat Ramadhan”, menjadi berkah dan manfaat meskipun singkat dalam pelaksanaannya. Meskipun singkat banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh santri maupun ustadz pembimbing. Singkat hanya dengan waktu satu pekan santri dibekali ilmu Agama Islam, tetapi berkah dan penuh manfaat karena pesantren kilat Ramadhan dilaksanakan pada saat bulan Ramadhan.

Selama satu pekan santri dibekali dengan ilmu akidah, ibadah, muamalah, dan sejarah peradaban Islam. Penyampaian materi yang banyak ini hanya dalam waktu singkat, namun demikian banyak manfaat mengingat dalam penyampaian materi juga dituntut praktek keseharian dalam mengamalkan materi sehingga pesantren kilat Ramadhan bukanlah hanya slogan semata.

Dalam pelaksanaan pesantren kilat ini, bukan hanya materi yang santri terima, tetapi juga bagaimana adab Rosululloh dalam kesehariannya. Tentunya adab keseharian yang masih bersifat sederhana, seperti praktek wudhu dan sholat cara nabi serta doa harian. Hanya dengan satu pekan diharapkan pesantren kilat Ramadhan penuh dengan kebermanfaatan.

Yayasan Panji Nusantara Menyelenggarakan Pesantren Kilat Ramadhan 1436 H

Pesantren kilat biasanya diadakan oleh sekolah-sekolah negeri maupun swatsa atau di masjid-masjid yang mempunyai Taman Pendidikan Al Quran. Yayasan Panji Nusantara sebagai lembaga sosial penyelenggara pesantren kilat sudah rutin dan menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan. Tahun ini kami laksanakan pekan kedua Ramadhan 1436 H.

Sebagai lembaga sosial penyelenggara pesantren kilat banyak hikmah yang dapat kami petik. Selain mendekatkan lembaga dengan anak yatim binaan sekaligus mentransfer ilmu agama untuk bekal mereka. Tidak kalah pentingnya juga bisa langsung menteladani Rosululloh yaitu mempersiapkan berbuka puasa bagi anak yatim selama mengikuti pesantren kilat.

Jika lembaga sosial penyelenggara pesantren kilat bisa dilaksanakan dengan rutin setiap tahun, artinya kami sudah mulai belajar untuk memproses lembaga pendidikan yang lebih besar. Mentransfer ilmu sekaligus menyantuni anak yatim merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Apakah Anda ingin menjadi bagian dalam kegiatan tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019: Yayasan Sosial | Anak Yatim | Lembaga Sosial di Jakarta Timur | KABBO Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress