Kelompok Usaha Mandiri Masyarakat (KUMM) Madani Nusantara

KUMM ( Kelompok Usaha Mandiri Masyarakat ) merupakan program program kerja sama antara PKPU dengan dengan Yayasan Mitra, Alhamdulillah Yayasan Panji Nusantara mendapatkan kepercayaan sebagai lembaga sosial yang dipercaya membentuk Kelompok Usaha Mandiri Masyarakat ( KUMM ) yang kemudian di namakan KUMM Madani Nusantara.

KUMM merupakan program pemberian modal usaha kepada sekelompok masyarakat yang membutuhkan modal untuk pengembangan usahanya, nilanya tidak terlau besar masing – masing orang hanya mendapatkan bantuan sebesar Rp. 1.000.000 ( Satu Juta Rupiah ) untuk kemudian dikembalikan dalam waktu minimal enam bulan  tanpa dikenakan bunga dan setelah lunas bisa meminjam kembali.  Adapun untuk peminjaman tahap awal  ini dibatasi hanya 20 anggota saja.

Setelah bergulir mulai bulan Januari 2014 sampai dengan sekarang anggota KUMM Madani Nusantara telah berkembang menjadi 35 anggota, dukungan dan respon masyarakat sangat besar terutama ibu-ibu pelaku usaha kecil seperti Jualan nasi uduk, ketoprak, tukang sayur,nasi goreng dan lainnya. Mereka sangat membutuhkan modal tersebut yang dulunya mereka meminjam bank keliling yang bunganya sangat memberatkan.

Yayasan Panji Nusantara sebagai Lembaga Sosial tentunya berharap dengan program ini bisa membantu masyarakat mengatasi kesulitannya mendapatkan bantuan modal, namun karena terbatasnya modal KUMM, sehingga  dana yang digulirkan belum bisa mencukupi semua keinginan masyarakat yang ingin menerima manfaat dari program tersebut.Picture 040

Seorang anggota KUMM Madani Nusantara yang berhasil menjalankan usahanya dengan amanah dan berhasil adalah Ibu Sri Hartati umur 57 tahun berjualan sayuran di lebak Pasar Induk karamatjati,  merupakan  salah seorang ibu dari anak yatim binaan Yayasan panji Nusantara. Ibu Sri Hartati setelah melunasi tepat waktu kemudian meminjam kembali dan sangat terbantu dengan program ini. (grt/ypn-15)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019: Yayasan Sosial | Anak Yatim | Lembaga Sosial di Jakarta Timur | KABBO Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress